Maiyahan Mukadimah

Mukadimah : SHARE LOC

#Maiyahan #SPOkt #4thSulukPesisiran

Gambar mungkin berisi: 5 orang, teks

Al kisah, Zulaikha kesengsem kepada Yusuf AS. Hal ini membuat keheranan para wanita bangsawan di Mesir kala itu. Karena mungkinkah seorang permaisuri raja nan cantik dan biasa bertemu dengan para punggawa gagah nan ganteng bisa kedanan anak buangan yang ditemukan di sebuah sumur. Zulaikha menjadi tidak sadar dengan cintanya. Ia lupa pada dirinya yang permaisuri, pada dirinya yang bangsawan. Pada dirinya yang menjadi panutan para wanita bangsawan. Hingga para wanita bangsawan menganggap Zulaikha aneh, gila, tidak sadar diri, bahkan tak menemukan peta diri.

Kesadaran publik yang nyiyir dengan cinta Zulaikha akhirnya dibuktikan dengan penyaksian mereka terhadap kegantengan Yusuf. Mereka butuh pembuktian tentang kesadaran dan ketidaksadaran lewat share lok kesadaran mereka. Yusuf dihadirkan sekejap tapi akhirnya membuat kesadaran para wanita bangsawan itu kalang kabut, hingga pisau memotong jari-jari mereka. Melukai tangan kesadaran mereka.

Pengakuan kesadaran lewat tahapan peta diri belum cukup bagi kita. Kita butuh musyahadah (penyaksian), butuh share lok kesadaran. Karena jangan-jangan kesadaran kita laksana kesadaran para wanita bangsawan Mesir itu. Yang angkuh ketika belum menyaksikan sendiri. Ternyata, ketika kesadaran itu kita share lok kan justru banyak tidak sadar diri.

Secara teks, kita menemukan nash bahwa setiap manusia punya pengetahuan, kesadaran yang dikonstruk oleh orang tua, lingkungan terdekat, dan oleh beragam interaksi yang lakukannya. Hingga menurut Nabi setiap insan yang tumbuh akan bergeser dari kefitrahannya. Beragam identitas agama, jati diri, nasionalisme hasil rekayasa dan proses bentukan ideologi tertentu. Share loc merupakan usaha memproses diri pasca peta diri untuk menemukan diri yang fitrah, walaupun kita sadar bahwa usaha meraih fitrah tak akan menemukan garis finish.

Mudah-mudahan dengan “share lok”, setelah “peta diri” kita mampu meningkatkan kesadaran dari kesadaran pengetahuan menjadi kesadaran penyaksian, atau dalam bahasa Ghazali menuju tahap ainul yaqin.

Majelis Masyarakat Maiyah: SULUK PESISIRAN | Share Lok | Sabtu, 12 Oktober 2019 | 20.00 WIB | Halaman Gedung Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan.

Bagikan

About the author

Redaksi Suluk Pesisiran